Jumat, 15 September 2017

Cerita Etnografi Agama Baha'i


   OLEH:  ADE SYAFITRI NASUTION
NIM      :       3151122001
M. K     :        ANTROPOLOGI AGAMA

Pada tanggal 19 tepat nya hari sabtu  kami mulai penelitian kami yang berada di setia budi gang kenanga di dekat batagor ihsan . Kami berangkat pukul 09.00 tibanya saya di aksara ternyata ada juga kawan saya si takdir yang sudah sampai duluan. Cumin kami ber dua yang pertama sampai. Gak berapa lama kami duduk dekat bapak yang berjualan jilbab dan tiba tiba ada seorang ibu yang meminta uang pada kami dengan alasan untuk pulang kerumah karena dia kehabisan uang. Terakhir kami gank ngasih karena itu hanya tipuan ibu itu aja karena saya setiap pulang ibu itu terus di dekat lampu merah dengan alasan yang sama kepada semua orng.
 pagi yang tempat kumpulnya di sekitar aksara, kami naik angkot 62 untuk tiba disana, bnyak teman kami yang satu kelompok yang banyak telat yang pada akhirnya kami berangkat jam 10 an . sesampai nya kami disana mulai lah kami mencari alamat yang di kasih kakak sella sebagai narasumber kami. Hampir setengah jam kami mencari alamat yang kami tuju, tapi alangkah heran nya kami djika mata kami itu melihat semua ruas jalan yang berada di sekitar tempat kami turun itu gak palah jauh rupnya sama gang yang kami tuju. Disitu lah kami ketawa semua melihat ekspresi wajah kami yang agak sedikit lugu. Dan akhirnya tiba kami samapi di sana kami mulai memasukki gang yang agak jauh kedalam dan kami menemukan tempat yang dimana hawa dan suasana nya begitu asri dan segar walaupun tempat penelitian kami ini berada di pinngir kota tetapi suasana nya seperti di desa .
        samapainya kami di sana mulai lah kami melihat dimana tempat kakak sella tinggal , dan ketika kami hampir sampai kemudian ada seorang wanita yang pertama kali menyapa kami denga n sebutan,” wah dah sampai ya dek, jauh gak , dan sempat nyasar tadi waktu mencarai alamat kakak.´dan kami hanya senyum senyum sambil jabatan tangan dengan beliau  dan kemudian kami
masuk ke dalam sebuah rumah yang tepatnya itu adalah tempat kost-kostsan kakak sella.
       
Setiba disana kami mulai masuk kedalam rumah yang tertata rapi dengan sambutan hangat kami di sambut lagi dengan teman beliau yang bernama kakak miscel yang kebetulan kakak itu juga penganut agama bahai. Beliau adalah teman kakak sella satu kampus dan juga satu agama . disana juga ada teman kakak sella tepatnya beliau adalah yang beragama muslim. . kakak miscall ini adalah seorang yang berasal dari malaysia dan kebetulan beliau adalah etnis chines. Disana kami mulai memperkenalkan diri satu persatu dan mulai mengatakan apa tujuan kami datng kesini. Dan kami di persilahkan duduk untuk memulai nya.
 Kami memulai perkenalan dengan pertama nya kami melakukan doa yang menurut agama masing –masing . disini lah kami memulai doa yang penuh dengan ke khusukan dan disini lah kami mengetahui  banyak nya agama yang ada di Indonesia dan pada saat kami semua berdoa dan menurut agama masing – masing disinilah dapat di simpulkan bahwa semua umat manusia setiap berdoa hanya satu yang di tuju dan cara berdoa nya sama hanya saja symbol yang menunjukakn nya yang berbeda denga menundukan kepala serasa kita semu itu sama dan patuh terhadap tuhan.
Selesai berdoa yang dimulai dengan cara bergiliran kami pun menyudahi nya dengan cara mengaminkan dan menutup doa tersebut dengan doa penganut baha” I.  setelah itu kami mulai bertanya – tanya dan rasa ingin tahu serta banyak pertanyaan yang akan kami ajukan kepada kakak sella dan michel sudah dengan harapan semua yang kami tanyakan dapat terjawab dengan senang hati. Pertanyaan demi pertanyaan sudah terlontar dan kami agak sedikit menerawang karena kakak Michel yang menjelaskan nya dengan bahasa yang sedikit menggunakan bahasa inggris yang berpadu dengan bahasa Malaysia.

Dari hasil wawancara yang kami dapat kan saya sedikit mendapatkan kesimpulan tentang masyarakat bahai bagaimana umat beragama masyarakat baha´I. Seperti yang kita ketahui bahwa agama tidak ada tanpa adanya ummat penganut agama tersebut. Kominitas penganut agama terdiri dari beberapa fungsi keagamaan yaitu. Ada yang sebagai pemimpin upacara, ada yang berfungsi sebagai menyiapkan tempat upacara dan alat-alat upacara. Dan sekligus mereka menjadi peserta upacara.
Ada juga yang berfungsi sebagai penyampaian agama yaitu dai . sama sama percaya kepada roh nenek moyang yang sama dikalangan penganut agama Shinto sama sama percaya kepada dewa brahmaana wisnu dan syiwa adalah pemersatu kalangan ummat hindu. Percaya kepada tuhan bapa dan roh kudus dan tuhan yesus adalah pemersatu di kalangan umat Kristen. Percaya kepada allah swt adalah pemersatu di kalangn umat islam. Nah disini saya sedikit menjelaskan sejarah singkat agama baahai .
Agama baha I adalah agama yang independent dan bersifat universal bukan sekte dari agama lain . pembawa wahyu agam bahai adalah baha ullah yang mengumumkan bahwa tujuan agama nya adalah untuk mewujudkan transformasi rohani dalam kehidupan manusia dan mempengaruhi lembaga- lembaga  masyarakat berdasarkan prisip-prinsip keesaan tuhan kesatuan agama dan persatuan seluruh umat manusia.
Umat bahai berkeyakinan bahwa agama harus menjadi sumber perdamaian dan keselarasan baik dalam keluarga,masyarakat bangsa maupun dunia. Umat bahai telah di kenal sebagai sahabat bagi para penganut semua agama, karena melaksanakan keyakinan secara aktif.
Ajaran-ajaran agama bahai antara lain adalah keyakinan pada ke esaan tuhan ke bebasan beragama kesatuan dalam keaneka ragaman serta menjalaani kehidupan yang murni dan suci. Selain itu agama bahai juga mengajarkan peningkatan kehidupan rohani , ekonomi, dan sosial budaya: mewajibkan bagi semua pendidikan bagi semua anak.: menunjukakn kesetian pada pemerintah  serta menggunakan musyawarah sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ajaran-ajaran tersebut di tunjukakna untuk kesatuan umat manusia demi terciptanya perdamaian dunia.



Sejarah ringkas
                Bahaullah ( yang berarti kemulian tuhan ) adalah pembawa wahyu agama bahai pada tahun 1863 . ia mengumumkan misinya untuk menciptakan kesatuan ummat manusia serta mewujudkan keselarasan di antara agama-agama. Dalam perjalanan nya sebagian besar kerajaan turki bahaullah banyak menulis wahyu yang di terima nya dan menjelaskan secara luas tentang keesaan tuhan,kesatuan agama serta kesatuan ummat beragama. Dalam surat wasiatnya Bahaullah menunjukakn putra sulung nya , abdul baha sebagai suri teladan agama bahai, penafsiran yang sah atas tulisan suci nya serta pemimpin agama bahai setelah baha ullah wafat. Baha ullah wafat pada tahun 1892 di bahji yang berada di tanah suci.
                Umat bahai jika melakukan sembahyang terdapat tiga tingkatan yaitu , sembahyang  pendek, sembahyang menengah dan sembahyang panjang. Dan dimana arti stiap sembahyang adalah kalau sembhyang pendek di lakukan pada waktu pagi hari tengah hari dan petang . dan jika sembahyang menengah di lakukan waktu tengah hari sampai sebelum petang dan sembahyang panjang di lakukan dengan di dalam satu hari ( 24 jam ) harus ada sekali sembahyang panjang.
                 Umat bahai melakukan perkumpulan pada satu bulan sekali mereka membahas bagaimana kehidupan masyarakat bahai kedepannya dan membahas apa sajaa yang lagi ngetren.  Symbol umat bahai adalah tempat ibadah umat bahai .  dalam tempat beribadah agama bahai terdapat 9 tiangdan terdiri satu kubah yang besar yang artinya semua agama dan semua penganut boleh berdoa dan di bawah satu kuba yang bersar dan bermaksud kita satu tujuan dan satu pencipta yang sama.
                Pada  umat bahai mengenal kalender bahai yaitu 19 bulan 11 hari  pertahu, lebih 11 hari itu merupakan hari dimana umat bahai melaksanakan perbuatan baik, bersedekah dan melebihkan berdana mereka, dan setiap bulan hanya 19 hari, karena bagi umat bahai angka 19 adalah angaka yang mereka anggap adalah sebagai yang sacral karean angka 1 itu melambangkan angka yang paling rendah dan 9 adalah angka yang paling tinggi.  Dalam kalender umat bahai dalam setahun 361 hari dimana dikalender masehi 365.



Dalam melakukan upacara keagaman umat bahai melakukan dengan khusuk dan dalam sembahyang mereka juga melakukan nya secara bersama – sama atau berjamaah.di dalam tahapan beribadah mereka tidak ada lagu- lagu serta alat –alatperibadahaan mereka hanya sekedar berdoa, sembhyang dan bersosialisasi saling tukar pikiran. Tempat ibadah umat bahai di Indonesia belum ada karena mereka tunggu keputusan dari pemerintah dan jika kalu di bangun tunngu 1000 orang yang menganut agamnya baru bisa di bangun.
Mereka melakukan ibadah hanya kerumah-rumah tergantung kepada siapa yang bersedia menerima untuk melakukan ibadah kerumah-rumah. Gama bahai tidak di benarkan melakukan politik apalagi politi kelompok karena setiap yang berpolitik pasti menguntungkan sepihak saja. Dan siapa saja yang secara tidak sengaja mengikuti ajaran-ajaran agama bahai secara tidak langsung dia juga termaksud kedalam masyarakat bahai.
Dalam acara pemakaman orang bahai, harus dikebumikan cepat, tidak boleh lama lama , kemudian di mandikan dan di kafankan lalu di sholatkan berjamaah , selain di kafankan juga di petikan dengan tujuan agar berlahan tubuh ini menyatu dengan tanah, karena selama di dunia tubuh sudah banyak melakukan kebaikan di dalam hidupnya.
Tempat ibadah masyarakat bahai di se dunia
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar